Senin, 01 Juni 2009

Riwayat Bupati Gresik


Drs. K.H. Robbach Ma'sum, MM Bupati Gresik

Memberikan Yang Terbaik Bagi DaerahDrs. KH. Robbach Ma'sum, MM merupakan putra asli Gresik yang lahir pada tanggal 25 Maret 1947 dari pasangan keluarga harmonis KH. Ma'sum Sufyan dan Hj. Masrifah. Lingkungan keluarga yang agamis telah membentuk karakternya sebagai anak bangsa yang berpendidikan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Pendidikannya diselesaikan dengan baik sejak SR, Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum, Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum, hingga mendapatkan gelar sarjana pada tahun 1975 dari Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel - Surabaya.Tak puas sampai disini, selanjutnya bahkan pada tahun 2002 berhasil menyandang gelar Magister Manajemen dari Universitas Kediri - Kediri.
Sesungguhnya karir Drs. Robbach Ma'sum, MM sebagian besar dijalaninya di dunia pendidikan. Diawali sebagai seorang guru di MTs dan MA PP Ihyaul Ulum Dukun - Gresik (1967 - sekarang), serta di MA Kanjeng Sepuh Sidayu (1967 -1979), suami dari Hj. Armiyatun, BA., ini kemudian tenaga pengajar di lembaga lainnya seperti IAIN Sunan Ampel - Surabaya (1976 -1983), MAN Gresik (1979 -1989), UNIG/STIT R. Santri (1987 - sekarang), STIA Qomarudin (1988 -sekarang), dan Pasca Sarjana Universitas Putra Bangsa (2002 -sekarang). Sedangkan sebelum dipercaya menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000 - 2005, jabatan terakhirnya adalah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 - 2000).
Drs. Robbach Ma'sum, MM adalah sosok pemimpin yang mempunyai kemampuan manajerial handal. Selain disibukkan dengan berbagai tugas di lembaga pendidikan, politik dan birokrasi, beliau juga aktif di berbagai organisasi yang telah dijalaninya sejak menjadi siswa di PP Ihyanul Ulum Dukun. Beberapa kiprahnya yang cukup menonjol antara lain sebagai Wakil Ketua Senat Mahasiswa Ushuluddin IAIN Surabaya, Ketua II GP Ansor cabang Gresik, Wakil Ketua KNPI Cabang Gresik, Ketua Ittihadul Mubalighin Kabupaten Gresik, Ketua NadhatuI Ulama cabang Gresik, Ketua Divisi RMI wilayah JawaTimur, Anggota Pakar ICMI Orsat. Gresik, Ketua Dewan Syuro DPC Partai Kebangkitan Bangsa, dan berbagai organisasi lainnya.
Walaupun berkarir di berbagai bidang, Drs. Robbach Ma'sum, MM tetap konsisten dengan etos kerja yang telah terpatri sejak awal pengabdiannya, yaitu ingin memberikan yang terbaik bagi daerah. Dengan visi terwujudnya masyarakat Gresik yang agamis, dinamis, demokratis, berkeadilan dan sejaktera, beliau terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya. Misi yang diembannya untuk merealisasikan misinya tersebut antara lain adalah : mewujudkan masyarakat yang beriman, berilmu dan beraklaq mulia menuju kehidupan yang harmonis; mewujudkan sumber daya manusia yang profesional, produktif dan mandiri; meningkatkan peran serta masyarakat di segala bidang kehidupan dalam suasana yang kondusif sesuai hak dan kewajiban; meningkatkan pelayanan masyarakat yang berkeadilan dan menjujung tinggi supremasi hukum; serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya taraf hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar